Thursday, 13 December 2012

Sejarah Wushu


SEJARAH  WUSHU
Wushu merupakan salah satu komponen penting di dalam warisan kebudayaan Tionghua yang telah mempunyai sejarah ribuan tahun. Wushu atau yang seringkali juga disebut Kungfu adalah seni bela diri yang berasal dari Tiongkok kuno, dan tersebar ke seluruh penjuru dunia melalui seorang Tionghua bernama Hua Ren yang pergi merantau.
Sejarah munculnya Wushu sendiri sudah tidak biasa ditelusuri lagi, kerana usianya yang sudah ribuan tahun. Mungkin sama tuanya dengan sejarah Tiongkok yang sering terjadi banyak peperangan. Di saat itu seni untuk berperang dan mempertahankan diri sudah dikenal, namun dalam bentuk yang masih sederhana. Mungkin dari sinilah asal usul seni bela diri yang disebut Wushu itu muncul.
Perkataan  Wushu berasal dari dua kata iaitu “Wu” dan “Shu”. Erti dari kata “Wu” adalah ilmu perang, sedangkan erti kata “Shu” adalah seni.  Wushu biasa juga diertikan sebagai seni untuk berperang atau seni bela diri (Martial Art). Di dalam wushu, kita juga mempelajari seni, olahraga, kesihatan, bela diri dan mental.
Mempelajari Wushu tidak hanya terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan gerakan fizikal dan kekerasan saja, tetapi juga melibatkan fikiran. Mempelajari Wushu bererti kita juga belajar mengolah pernafasan, memahami anatomi tubuh kita, dan juga mempelajari ramuan atau ubat-ubatan untuk memperkuatkan tubuh mahupun untuk pengubatan.
Selain itu, berlatih Wushu juga akan melatih kita untuk lebih disiplin, cerdas, berwaspada, yakin diri, berjiwa kesatria, persaudaraan dan  sebagainya.